Minggu, 11 November 2012

[Prestasi] Ditemukan Planet Layak Huni

www.space.com

MENAKJUBKAN. Tim ahli astronomi Inggris dan Jerman menemukan satu planet baru yang mengorbit bintangnya dalam jarak yang tepat bagi pembentukan iklim seperti Bumi agar menunjang kehidupan. 

Bintang berukuran kecil HD 40307, terletak 44 tahun cahaya dari Bumi, menjadi pusat dari orbit enam planet. 

Ada satu planet dengan jarak orbit tepat untuk mendukung kehidupan. Planet itu diklasifikasikan sebagai super-Bumi dan dinamai HD 40307g. 

Planet itu merupakan yang keenam dari mataharinya. Planet mengorbit bintangnya pada jarak 55,8 juta mil (90 juta kilometer). Jarak ini menempatkan HD 40.307g termasuk zona layak huni atau Zona Goldilocks. 

Wilayah tersebut dalam suatu sistem planet memungkinkan air berbentuk cair dapat eksis di permukaan planet. Ini seperti jarak Bumi dan Mars dengan Matahari. 

Massa planet ekstrasurya HD 40307g setidaknya tujuh kali Bumi. Setahun di planet tersebut membutuhkan waktu 197,8 hari di Bumi. 

Jarak yang cukup jauh dari bintang juga memungkinkan HD 40307g akan berputar pada porosnya sendiri. Hal ini membuat siklus siang dan malam di planet, sehingga meningkatkan peluang kehidupan dapat berkembang di sana. 

Penemuan itu dilakukan tim astronom internasional yang dipimpin Mikko Tuomi dari Universitas Hertfordshire dan Guillem Anglada-Escude dari Universitas Goettingen. (Space.com/MI)
Simpan tulisan atau Kode Script yang sobat kehendaki di sini -> Untuk kolom sebelah kanan

0 komentar:

Posting Komentar